Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung Tinggi

Tubuh kita menggunakan asam lambung tuntuk mencerna makanan. Ada kalanya jumlah asam lambung menjadi lebih banyak sehingga menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Selain mengubah gaya hidup, berbagai bahan alami mungkin bisa membantu meredakan gejala asam lambung.

Asam lambung dapat naik ke tenggurokan akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. kondisi seperti ini biasanya disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease). Gejala yang ditimbulkan GERD meliputi sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan dan mulut terasa asam atau pahit karena asam naik ke kerongkongan dan perut terasa tidak nyaman.


Penyebab utama melemahnya katup antara kerongkongan dan lambung belum diketahui secara pasti. Kelebihan berat badan ataupun obesitas adalah salah satunya. Makanan dan minuman tertentu seperti makanan berlemak dalam jumlah besar, coklat, kopi dan alkohol juga dapat meningkatkan risiko refluks. Berbagai kondisi medis juga dapat memunculkan gejala refluks asam lambung, yaitu esofagitis (radang esofagus), gastritis (peradangan pada dinding lambung), dan gastroparesis (perlambatan gerakan dan pencernaan makanan).

Mengatasi Asam Lambung Tinggi Dengan Hal Berikut ini:

  • Mengubah Gaya Hidup
Mengobati asam lambung tidak lepas dari usaha untuk memperbaiki pola hidup seperti menghindari makanan pemicu asam lambung tinggi dan mengatur porsi makan. Memperhatikan menggunakan pakaian disekitar perut agar perut tidak tertekan yang dapat mengakibatkan tidak nyaman diperut. Tidak menekan nekan bagian perut sebab bisa menyebabkan muntah. Tidur yang cukup bisa meredakan asam lambung tinggi, karena jika kurang tidur tubuh akan memproduksi hormon stres yang dapat memicu refluks asam lambung.
  • Mengatasi Asam Lambung Dengan Ramuan Alami
Mengatasi asam lambung tinggi juga bisa dilakuakn dengan membuat ramuan alami yang bahan-bahannya banyak ditemukan dialam dan mudah didapat. Salah satu ramuannya adalah jahe. Rempah ini dapat membantu proses pengosongan lambung sehingga gejala refluks asam lambung dapat dikurangi. Anda dapat menggunakan jahe bubuk atau jahe mentah sekitar 1-2 gram untuk dikonsumsi satu jam sebelum makan.

Usaha untuk mengatasi asam lambung dapat dilakukan di rumah melalui perubahan gaya hidup. Walau tidak ada bahan alami yang dapat memperbaiki kerusakan esofagus akibat GERD, beberapa jenis bahan alami mungkin dapat membantu meredakan gejala. Selain itu, berbagai obat untuk mengendalikan asam lambung dapat Anda dapatkan secara bebas di apotek. Namun, jika gejalanya tidak kunjung membaik, Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter agar mendapatkan pengobatan medis yang tepat.

0 Response to "Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung Tinggi"

Posting Komentar